Minggu, 02 Oktober 2016

Awal Mula Terbentuknya IRS (Indie Radio Streaming), dan Jaringannya di Beberapa Kota Hingga Saat Ini.

IRS Indie Radio Streaming, IRS Network Indonesia, Metal Rock Streaming Indonesia.




Seperti yang kita ketahui bersama, ada banyak stasiun radio dengan program unggulannya masin-masing pada setiap daerah di Indonesia. Namun, disisi lain banyak pula radio yang berbasis online atau streaming, hal tersebut dikarenakan jangkauan siaran radio konvensional yang terbatas, serta perizinan sebuah stasiun radio konvensional untuk dapat melakukan siaran, harus melalui birokrasi yang panjang dan tidak semudah membalikkan telapak tangan. Seperti IRS Radio atau Indie Radio Streaming salah satunya.

Namanya Rey, biasa disapa dengan nama Jend atau Om Jend. Ia adalah pria asal Pontianak, Kalimantan Barat yang kini menetap di Depok, Jawa Barat. Pendiri IRS Radio ini, awal mulanya menjadi fotografer studio musik. Seiring kegiatannya, ia mencari solusi untuk band-band yang ada disekitar atau ia jumpai, untuk menyebarluaskan karya sebuah band lewat media promosi band tersebut, supaya karyanya dapat dinikmati melalui satu wadah media online. Bukan hanya dapat didengar melalui Audio CD (Compact Disc), atau file mp3. Hingga akhirnya sampai pada satu titik, ia merasa tertarik dengan media berbasis online. Ia bersama ‘Om Jie,’ kerabatnya mulai berdiskusi dan belajar tentang tata cara streaming radio.

Pada tanggal 1 Mei 2011, IRS resmi didirikan oleh Om Jend dan Om Jie, dengan nama awal Indie Radio Streaming. Konsepnya sebagai wadah band-band Indie di Indonesia, dengan basis 90% band genre musik ‘cadas.’
Pada tahun yang sama, ia pulang ke kampung halamannya dan mulai memperkenalkan kepada teman-temannya di Pontianak tentang IRS, namun belum sempat teralisasi. Pada tahun 2012, IRS pernah diundang ke Kota Lamongan – Jawa Timur untuk live streaming sebuah konser musik Metal. Karena ketertarikan komunitas musik cadas di Lamongan, Om Jend menawarkan untuk membuka cabang IRS di kota Lamongan, dengan tujuan untuk memperkenalkan lebih jauh komunitas setempat dan menyebar informasi seputar pergerakan musik Metal di kota Lamongan dan sekitarnya.

Setelah terbentuk dan berjalan selama hampir satu tahun, IRS Lamongan dinonaktifkan. Hal tersebut dikarenakan prasarana dan perlengkapan maupun para kru belum dapat beroperasi secara maksimal. Tak lama kemudian, IRS Cimahi dibentuk dan bertahan hingga kurang lebih dalam kurun waktu dua tahun. Tiga bulan sebelum dinonaktifkannya IRS Cimahi, IRS Bogor sempat berdiri dan hanya bertahan beberapa bulan saja. Hal tersebut tak lain, karena di kota Bogor, keberadaan IRS belum dapat beroperasi secara maksimal.
Akhir beberapa invasi IRS dengan cabang dibeberapa kota, akhirnya terbentuklah cabang IRS yang masih bertahan hingga saat ini. Diantaranya IRS Bandung dan IRS Pusat (Depok, Bekasi, Tangerang) yang sudah beroperasi dengan programnya masing-masing sejauh ini.

September 2016, IRS kembali membentuk sebuah wadah tim Jurnalistik di Kota Manado. Tujuannya untuk mencari informasi seputar pergerakkan musik cadas Manado dan sekitarnya. Informasi akan diperluas melalui IRS Pusat dalam bentuk artikel.
“IRS Pusat itu saya di Bekasi, Ekka di Tangerang dan Reza di Depok yang juga sebagai Basecamp”, ujar Jend.

Karena mereka bertiga dalam satu area Jadetabek, maka satu rumpun yang dijadikan sebagai IRS Pusat dengan program-programnya.

Bagaimana kira-kira IRS kedepannya?

“Kedepannya itu IRS Pontianak sudah siap dibuka dan IRS Surabaya sedang tahap persiapan. Mudah-mudahan awal tahun 2017, keduanya dapat segera terealisasi,” tutup percakapan Jend.

Hingga saat ini yang telah beroperasi dan masih aktif adalah IRS Pusat : Bekasi, Tangerang, Depok dan IRS Bandung, serta IRS Jurnalistik di Manado.

Karena perkembangan jaringan /cabang yang tersebar dan beberapa cabang yang telah disiapkan di kota-kota lain, IRS saat ini dikenal dengan IRS Network Indonesia. Dan tak hanya melakukan siaran, live streaming music performance, interview band /distro maupun pemutaran playlist musik cadas, mereka juga rutin melakukan review album band-band indie lokal tentunya, juga artikel informasi seputar dunia musik cadas di Indonesia...

Go www.irsradio.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar